wvsOdYmDaT9SQhoksZrPLG0gYqduIOCNl12L9d9t
Bookmark

Sekolah Tinggi Teologia (STT) Abdi Sabda | (Abdi Sabda Theological College)


Sekolah Tinggi Teologia (STT)
Abdi Sabda
(Abdi Sabda Theological College)

Logo STT Abdi Sabda Medan
Logo STT Abdi Sabda Medan


Kampus Jalan Binjai KM. 10, 8 Medan 20352
Medan – Sumatera Utara – Indonesia
Tel. / Fax : (061) 8451701, (061) 8458123
Official Website : http://sttabdisabda.ac.id/


Pendahuluan 


Halo guys, kembali lagi bersama dengan saya Timothy Napitu. Saya adalah seorang mahasiswa di Kampus STT Abdi Sabda Medan. Saya masuk ke STT Abdi Sabda Medan pada tahun 2015 dengan memasuki Jurusan Pendidikan Agama Kristen (PAK). Lalu pada tahun 2016 saya pindah jurusan (transfer) dari Jurusan PAK ke Jurusan Teologi.
Saat orang lain menanyakan pada saya, kamu sekolah di mana? Lalu saya menjawab STT Abdi Sabda Medan. Lalu biasanya mereka akan menanyakan kembali, sekolah apa itu? Lalu saya menjawab, sekolah Teologi. Lalu mereka juga biasanya akan kebingungan tentang apakah Teologi itu? Sebab pada umumnya bagi orang awam itu merupakan istilah yang jarang sekali didengar. Oleh karena itulah saya tertarik untuk membagikan dan memberi penjelasan lewat blog saya ini tentang STT Abdi Sabda Medan tempat di mana saya mengikuti perkuliahan dan menempuh ilmu di sana. Mengenai tulisan ini banyak saya kutip dari Buku Katalog 2016 STT Abdi Sabda Medan. Yang memaparkan secara singkat dan jelas tentang STT Abdi Sabda Medan. Semoga informasi dalam blog ini membantu kita semua yang belum mengenal STT Abdi Sabda Medan. Selamat Membaca! 

Profil*


Didorong oleh panggilan untuk memberitakan Injil Kristus dan kebutuhan akan tenaga pelayan, Gereja Gereformeerd Indonesia (sekarang menjadi “GKI-Sumut”) mengajak Gereja-gereja di Sumatera Utara untuk menyelenggarakan sekolah formal untuk mendidik calon-calon guru Injil dan guru agama Kristen, baik untuk bekerja di Gereja maupun di sekolah-sekolah.
Ajakan Gereja Gereformeerd Indonesia untuk maksud di atas disambut baik oleh beberapa Gereja di Sumatera Utara, antara lain Gereja Batak Karo Prostestan (GBKP), Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) dan Banua Niha Keriso Protestan (BNKP). Keempat Gereja tersebut sepakat untuk mendirikan “Yayasan Pendidikan Petugas Gereja” dengan tujuan untuk menyelenggarakan sekolah untuk mendidik petugas dan calon petugas Gereja. Pada hari Jumat tepatnya pada tanggal 16  Agustus 1967 dilakukan lah penandatanganan akta pendirian Yayasan Abdi Sabda di depan notaris.
Seiring dengan perkembangan zaman, sekolah ini ditingkatkan menjadi Institut Teologia Abdi Sabda (disingkat ITAS) pada tahun 1983. Bukan hanya nama sekolah ini yang mengalami perubahan dari “Sekolah Guru Injil” menjadi ITAS, pendukung sekolah ini juga bertambah yaitu Huria Kristen Indonesia (HKI) dan Gereja Kristen Protestan Angkola (GKPA) yan bergabung pada tahun 1987, lalu disusul berikutnya oleh Gereja Kristen Protesta Indonesia (GKPI) yang bergabung pada tahun 2006. Sehingga bertambah lah jumlah Gereja pendiri pendukung menjadi tujuh Gereja, yaitu GBKP, GKPS, GKI-Sumut, BNKP, HKI, GKPA dan GKPI. Kemudian pada tahun 1996 Institut Teologia Abdi Sabda Medan berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Teologia (STT) Abdi Sabda Medan.



Akreditasi**

Jurusan yang telah Terakteditasi :
S1 Pendidikan Agama Kristen  [B] (tidak berlaku)
S1 Teologi                            [C] (tidak berlaku)

*Dikutip dari Brosur Penerimaan Mahasiswa Baru Prodi Teologi dan Pasca Sarjana Tahun 2017 dengan perubahan.

** Status STT Abdi Sabda saat ini tidak terakreditasi jurusan.

6 komentar

6 komentar

  • Unknown
    Unknown
    Minggu, Juli 05, 2020 12:29:00 PM
    Kalau Gereja methodist bisa Ng masuk ke STT abdi sabda?

    Reply
  • Rommel Sitorus
    Rommel Sitorus
    Rabu, Juli 17, 2019 8:32:00 PM
    Uang kuliah di STT abdi sabda Medan berapa pak
    Untuk s1
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    Kamis, Mei 09, 2019 7:18:00 PM
    Maaf sebelumnya pak,kalau gereja HKBP bisa masuk ke STT ini??
    Reply
  • Unknown
    Unknown
    Jumat, Februari 08, 2019 3:02:00 PM
    Kapan pendaftaran Maba ya pak?
    Reply
  • gkpamedanbarat
    gkpamedanbarat
    Sabtu, September 22, 2018 12:30:00 PM
    S1 Teologi Kependetaan [C] tidak berlaku lagi sejak Oktober 2017. Sampai saat ini belum diperpanjang... masih dalam proses
    • gkpamedanbarat
      Timothy Saragi
      Jumat, Desember 07, 2018 10:50:00 PM
      Terima Kasih Pak.
      Jadi buat kalian yang mengunjungi blog ini, Bapak ini adalah Sekretaris dari Pengurus Yayasan Abdi Sabda Medan. Info yang diberikan sangat membantu pak, terimakasih buat infonya. Akan kita follow up lagi bagaimana perkembangan akreditasi STT Abdi Sabda Medan dan akan kita bagikan lagi sama kalian (pengunjung blog ini).Syalom!
    Reply